WELCOME TO MY PERSONAL BLOG

never give up!!!

cc

Rabu, 17 Oktober 2012

Etika Bisnis Dalam Berbisnis




Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.

Namun pada kenyataannya sering kali ditemukan pelaku bisnis yang mencoba melnggar etika bisnis tersebut guna memperoleh profit atau pendapatan yang besar, salah satu contoh transaksi jual beli online yang tak jarang membuat para konsumen merasa kecewa dan dirugikan pasca transaksi online tersebut seperti penipuan sampai dengan pencurian identitas pribadi. Ini jelas sangat merugikan kosumen dan bahkan merusak kepercayaan konsumen terhadap para pelaku bisnis online yang telah menerapkan etika bisnis yang baik. 

Terjadinya pelanggaran etika bisnis dapat di sebabkan oleh beberapa hal, antara lain:
1.   Kurang mengenal psikologi pembeli/konsumen, unit usahanya kecil, bahkan mungkin harus membeli barang dagangannya dengan utang, biaya tinggi.
2.    Kurang mengenal atau kurang menaati tuntunan agamanya sehingga tidak mampu bersaing dengan unit usaha yang lebih besar.
3.        Rendahnya tingkat pendidikan pedagang dan konsumen
4.        Budaya dan perilaku pasar
5.        Lemahnya tingkat pengawasan
6.        Persaingan pasar
7.        Tingginya tuntutan ekonomi

Upaya yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak guna mengatasi pelanggaran etika bisnis, antara lain:
1.       Kepada para pedagang sebagai pelaku pasar agar mematuhi semua tatanan adat, regulasi dan aturan yang berlaku sehingga semua bentuk penyimpangan dan pelanggaran dapat diminimalisir.
2.       Kepada konsumen agar lebih teliti dan cermat dalam menilai suatu barang dan jasa yang ditawarkan
3.       Pihak legislatif sebagai pihak penyambung aspirasi masyarakat agar mendengarkan keluhan masyarakat dan menindaklanjuti keluhan tersebut.
4.       Para akademisi dan pengamat ekonomi supaya melakukan studi yang mendalam tentang aktivitas perdagangan dan etika berbisnis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar