Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sehari hari. AMDK telah di konsumsi oleh berbagai kalangan, dari kalangan bawah sampai dengan kalangan atas, dari buruh kasar di jalanan sampai dengan para eksekutif di gedung bertingkat di kawasan bisnis elit. Dalam prakteknya konsumsi terhadap AMDK didasarkan pada persepsi konsumen terhadap AMDK. Ada yang mempersepsikan positif maupun negatif. Namun dari semua persepsi tersebut ada suatu benang merah yang terjalin, yaitu bahwa konsumen mempunyai sudut pandang atau perspektif yang sama atau kurang lebih sama terhadap latar belakang mereka membeli AMDK. Berdasarkan uraian diatas identifikasikanlah sudut pandang konsumen yang dimaksud dalam uraian diatas dan apakah sudut pandang tersebut telah mempengaruhi perilaku mereka dalam pembelian AMDK ?
--o--
Keputusan seorang pembeli atau konsumen dapat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, faktor sosial, personal dan psikolog.
Faktor Kebudayaan
Faktor kebudayaan mempunyai pengaruh yang paling luas dan paling dalam terhadap perilaku konsumen seperti kultur, sub kultur, dan kelas sosial pembeli.
- Kultur adalah faktor penentu paling pokok dari keinginan dan prilaku seseorang. Mahluk yang lebih rendah umumnya dituntun oleh naluri. Sedangkan manusia, perilakunya biasanya dipelajari dari lingkungan sekitarnya. Sehingga nilai, persepsi, preferensi dan perilaku antara seorang yang tinggal pada daerah tertentu dapat berbeda dengan orang lain yang berada dilingkungan yang lain pula.
- Sub kultur, setiap kultur mempunyai sub-kultur yang lebih kecil atau kelompok orang dengan sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi hidup yang sama. Seperti kelompok kebangsaan yang bertempat tinggal pada suatu daerah akan mempunyai citarasa dan minat etnik yang khas.
- Kelas sosial adalah susunan yang relatif permanen dan teraatur dalam suatu masyarakat yang anggotanya mempunyai nilai, minat, dan perilaku yang sama. Kelas sosial tidak ditentukan oleh faktor tunggal seperti pendapatan tetapi diukur sebagai kombinasi pekerjaan, pendapatan, pendidikan, kekayaan, dan variabel lainnya. Kelas sosial memperlihatkan preferensi produk dan merek yang berbeda.
Faktor Sosial
Perilaku konsumen juga akan dipengaruhi oleh faktor rujukan, keluarga, peran dan status dari konsumen.
Personal
Keputusan seorang pembeli atau konsumen dapat dipengaruhi karakteristik pribadi seperti umur, jabatan, keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian, dan konsep diri pembeli yang bersangkutan.
Psikolog
Perilaku konsumen dapat juga ddipengaruhi oleh faktor psikolog seperti motivasi, persepsi, learning, kepercayaan dan sikap.
Pada dasarnya sudut pandang konsumen terhadap suatu produk dimana dalam kasus ini mengenai air minum dalam kemasan dipengaruhi oleh beberapa faktor tergantung pada persepsi masing-masing individu atau kelompok, kebiasaan, serta situasi dan kondisi.
0 komentar:
Posting Komentar